--> Skip to main content
Menu

Aset Digital Marketing Yang Perlu Dimiliki UMKM Indonesia

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Agustus 17, 2024

Dalam ranah digital marketing yang sangat luas, terdapat komponen yang dikenal sebagai Aset Digital Marketing. Aset ini merupakan media yang tidak berwujud atau maya, yang memiliki peran penting dalam menyampaikan nilai dari produk atau jasa yang ditawarkan. Dimana dalam hal ini keberadaan aset digital marketing sangat diperlukan untuk kemajuan UMKM di Indonesia.

Aset Digital Marketing Yang Perlu Dimiliki UMKM Indonesia

Mengapa UMKM di Indonesia perlu memiliki aset digital marketing? Alasan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan branding dan untuk mempermudah dalam proses pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan. Lalu, apakah UMKM Anda sudah memiliki aset digital marketing? Jika saat ini belum, berikut adalah 5 aset digital marketing yang perlu untuk dimiliki oleh UMKM Indonesia.

Aset Digital Marketing Untuk UMKM Indonesia

Smartphone

Dalam dunia bisnis yang semakin modern, smartphone menjadi simbol inovasi, serta merupakan aset digital marketing yang esensial bagi para pemilik UMKM seperti Anda. Fungsi-fungsi yang ditawarkan oleh smartphone ini sangat beragam, antara lain:

  • Sebagai media komunikasi dan publikasi yang mudah digunakan.
  • Sebagai alat untuk membuat akun email serta berbagai akun media sosial.
  • Untuk mengelola dan memonitor situs web toko online dengan cara yang simpel.

Laptop

Keberadaan laptop sebagai aset dalam strategi digital marketing akan sangat mendukung kebutuhan bisnis UMKM Anda. Sebagai contohnya, perangkat ini berperan penting dalam menjaga konektivitas dan integrasi dengan para customer dan caolon customer serta prospek yang terhubung melalui media sosial, situs web, dan berbagai platform digital yang lainnya.

Alamat Email

Selain berfungsi sebagai sarana komunikasi dan publikasi untuk tujuan promosi, alamat email juga berperan penting sebagai identitas yang sangat dibutuhkan ketika Anda berencana untuk mengelola akun media sosial bisnis serta profil bisnis maupun situs web toko online Anda.

Ketika Anda hendak membuat alamat email untuk bisnis UMKM Anda, pastikan alamat yang akan Anda gunakan sesuai dengan nama usaha, nama produk, atau jasa Anda. Ini sangat penting agar nama bisnis UMKM Anda bisa lebih mudah dikenal dan diingat oleh pelanggan. Misalnya, jika bisnis UMKM Anda bernama Toko Maju, maka alamat email yang ideal adalah yang mencerminkan nama tersebut.

Akun Media Sosial Bisnis

Kami percaya bahwa saat ini, sebagian besar dari Anda telah memiliki akun media sosial pribadi. Dengan demikian, ini adalah momen yang ideal untuk menambah atau mengubah akun Anda menjadi tipe bisnis. Atau, Anda bisa memilih untuk membuat akun baru yang sepenuhnya didedikasikan untuk bisnis, agar tidak bercampur dengan akun pribadi Anda.

Apabila Anda aktif di Facebook, kami sarankan untuk membuat sebuah akun halaman fanpage bisnis. Anda dapat memulainya dengan mengunjungi https://id-id.facebook.com/pages/create.

Situs Web

Situs web meruapkan salah satu aset digital marketing yang paling penting bagi setiap jenis usaha, termasuk UMKM. Sebagai aset digital marketing, situs web tenu memiliki beragam manfaat. Adapun beberapa manfaatnya diantaranya yaitu Meningkatkan keterlibatan dan jangkauan, memperkkuat citra brand, memudahkan penjualan secara online, menyediakan informasi yang mendetail, mengoptimalkan strategi pemasaran, memungkinkan interaksi yang lebih intens dengan pelanggan, serta mempermudah dala melakukan analisis dan pelacakan performa.

Itulah beberapa aset digital marketing yang perlu dimiliki UMKM Indonesia. Nah, bagi Anda yang menjalankan bisnis UMKM sangat penting untuk memiliki aset digital marketing tersebut untuk memajukan bisnis UMKM Anda. Demikian, penjelasan ini kami sampaikan dan semoga dapat bermanfaat.