--> Skip to main content
Menu

Apa itu Konsultan Hukum Perusahaan, Tugas dan Rekomendasi Jasa Konsultan Hukum Perusahaan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Agustus 10, 2024

Istilah konsultan hukum mungkin sudah dikenal luas oleh masyarakat. Namun, masih ada anggapan bahwa konsultan hukum dan pengacara memiliki fungsi yang sama, padahal keduanya mempunyai peranan yang berbeda. Untuk menghindari kesalahpahaman mengenai konsultan hukum dan tanggung jawab yang diembannya, mari kita simak penjelasan mengenai konsultan hukum berikut ini.

Apa itu Konsultan Hukum Perusahaan

Apa Itu Konsultan Hukum Perusahaan?

Konsultan Hukum Perusahaan adalah profesional yang menyediakan layanan hukum atau Legal Service seperti seperti konsultasi dan advokasi terkait masalah hukum untuk perusahaan. Dalam hal ini, konsultan hukum bertindak sebagai pihak ketiga yang memberikan solusi dan saran yang bersifat objektif terkait masalah hukum perusahaan.

Dengna kata lain, konsultan Hukum Perusahaan berperan penting dalam memberikan panduan, arahan, serta solusi atas permasalahan hukum yang dihadapi oleh perusahaan, serta memberikan saran untuk mencegah terjadinya masalah hukum di masa mendatang.

Tugas Konsultan Hukum Perusahaan

Adapun beberapa tugas dari Konsultan Hukum yaitu:

  • Menyediakan pandangan dan saran hukum yang mendalam untuk Perusahaan terkait dengan berbagai masalah yang dihadapi, baik dalam ranah perdata, pidana, hak atas kekayaan intelektual, pertanahan, properti, sengketa tata usaha negara, kepailitan, perselisihan ketenagakerjaan, maupun dalam konteks arbitrase dan metode penyelesaian sengketa alternatif lainnya.
  • Menghasilkan dan memberikan panduan hukum, pendapat hukum, serta konsultasi hukum, baik secara tertulis maupun lisan, terkait dengan beragam masalah hukum yang dihadapi oleh Perusahaan.
  • Membuat dan mengirim somasi (teguran/seruan) untuk kepentingan dan atas nama Perusahaan atau mempelajari somasi yang diajukan oleh pihak ketiga kemudian membuat danmengajukan tanggapan/balasan atas somasi tersebut.
  • Melakukan pendampingan terhadap Perusahaan dalam hal proses mediasi dan negosiasi yang berhubungan dengan kerjasama serta penyelesaian konflik, sekaligus membantu dalam pembuatan dokumen yang dibutuhkan untuk menyelesaikan hal tersebut.
  • Merancang atau memberikan penilaian yang cermat terhadap dokumen kontrak bisnis yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Menjalankan analisis hukum yang komprehensif (Legal Due Diligence) untuk menilai berbagai aktivitas atau kegiatan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

Rekomendasi Jasa Konsultan Hukum Perusahaan

Dalam memilih konsultan hukum perusahaan pastikan anda memilih yang sudah memiliki pengalmaan dan keahlian dalam hal tersebut. Pastikan pula memilih konsultan hukum perusahaan yang sudah banyak berhasil dalam menyelesaikan permasalahan hukum perusahaan. Nah, salah satu Konsultan Hukum Perusahaan / Lawfirm yang dapat diandalkan untuk urusan hukum perusahaan adalah andalan consulting. Untuk info lebih lanjutnya anda bisa mengakses situs webnya andalanconsulting.com.

Itulah penjelasan tentang apa itu konsultan hukum perusahaan, tugas dan rekomendasi konsultan hukum perusahaan terbaik yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi yang telah kami bagikan di atas dapat bermanfaat terutama bagi anda yang membutuhkan konsultan hukum perusahaan.