--> Skip to main content
Menu

Memantau Aktivitas Rumah Tangga dengan CCTV saat Liburan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juli 24, 2024
Kamera CCTV
Source: freepik

Memastikan keamanan rumah sebelum meninggalkannya dalam keadaan kosong harus dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan memasang kamera CCTV di rumah untuk melakukan pemantauan dan mencegah pencurian. Selama liburan, rumah yang ditinggalkan tanpa penghuni menjadi target potensial bagi pencuri. CCTV yang terlihat jelas dapat bertindak sebagai pencegah efektif bagi orang asing yang memiliki niat mencuri.

Dalam situasi tersebut, penting bagi Anda merencanakan dan menyiapkan langkah keamanan yang harus diambil untuk mengawasi rumah agar tetap aman meskipun ditinggal liburan. Dengan mempersiapkan pengamanan dengan baik, maka Anda akan menurunkan resiko terjadinya kejahatan dan kerawanan saat rumah ditinggal berlibur dalam keadaan kosong. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak ulasan lengkap tentang pemasangan CCTV berikut ini!

Manfaatnya Pemasangan CCTV di Rumah

Pemasangan CCTV di rumah memang memiliki banyak manfaat yang tidak perlu diragukan lagi. Apalagi jika Anda memilih kamera CCTV terbaik, maka manfaat yang didapatkan akan lebih maksimal. Berikut ini manfaat pemasangan CCTV di rumah yang harus diketahui:

  1. Pemantauan Real-Time dari Jauh
  2. Kegunaan CCTV selanjutnya adalah untuk memantau kondisi rumah dan sekitarnya. Biasanya pada kamera CCTV terbaik memiliki fitur pemantauan jarak jauh, sehingga Anda bisa memantau rumah yang ditinggalkan secara real time dari smartphone. Tentunya dengan begitu akan meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi Anda saat berlibur.

  3. Deteksi Dini Terhadap Ancaman
  4. Manfaat penting CCTV lainnya adalah mengawasi aktivitas yang mencurigakan serta menjadi ancaman bagi rumah. Misalnya saja CCTV akan mengawasi aktivitas yang dilakukan oleh setiap orang yang berkeliaran di sekitar rumah. Jika CCTV mampu mendeteksi aktivitas mencurigakan maka Anda akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi CCTV yang terpasang pada android.

  5. Bukti Tangguh dalam Kasus Pencurian
  6. Tahukah Anda jika CCTV dapat mencegah terjadinya pencurian di rumah? CCTV memang dapat mencegah pencurian, namun jika ada yang terlewat dari pengawasan dan tetap terjadi pencurian, maka rekaman kamera CCTV dapat menjadi bukti yang kuat dalam mengidentifikasi kasus pencurian. Rekaman CCTV dapat menjadi bukti penting serta mencari motif bahkan modus operasi yang digunakan oleh pencuri dalam melakukan kejahatan.

  7. Mengawasi Area Rumah Selama 24 Jam
  8. Salah satu manfaat CCTV adalah mengawasi area selama 24 jam nonstop. CCTV yang dipasang di rumah sangat membantu jika rumah Anda dalam keadaan kosong. Biasanya pemasangan CCTV ada di beberapa titik yang menjadi akses utama. Cara pemantauannya bisa dilihat melalui gadget yang terhubung sehingga lebih fleksibel dan dapat mengawasi rumah secara real time seharian.

  9. Mencegah Pencurian di Rumah
  10. CCTV memang memiliki keunggulan dalam meningkatkan keamanan rumah. Salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah pencurian. Dalam sebuah penelitian disebutkan jika penjahat akan menghindari rumah atau lokasi yang terpasang CCTV. Jadi secara tidak langsung CCTV akan menghindarkan rumah kosong dari kerugian akibat pencuri.

Titik Lokasi Pemasangan CCTV yang Tepat

Kamera CCTV
Source: freepik

Pemasangan CCTV pada titik-titik strategis akan memungkinkan Anda untuk melakukan pemantauan menyeluruh, bahkan dari jarak jauh. Dengan kamera CCTV yang dipasang di lokasi strategi pada area rumah, maka area pengawasan akan lebih luas. Berikut ini titik lokasi pemasangan CCTV yang tepat di rumah:

  1. Pintu Utama
  2. Pintu utama yang berada di bagian depan rumah yang menjadi pintu masuk paling mudah bagi pencuri. Orang yang berniat mencuri akan menyusup ke dalam rumah dari pintu masuk. Meskipun sudah dikunci dengan baik, para penjahat akan memiliki seribu cara untuk membukanya, oleh sebab itu pasang CCTV di pintu utama untuk mengawasi siapa saja yang masuk ke rumah.

  3. Di Dalam Rumah
  4. Selain di luar ruangan, Anda perlu memasang CCTV di dalam rumah. Hal ini dilakukan untuk mengawasi setiap pergerakan yang terjadi di dalam rumah. Meskipun tidak mampu mencegah pencuri masuk, namun CCTV akan merekam setiap tindakan pencuri atau orang asing selama ada di dalam rumah.

  5. Garasi/ Carport
  6. Garasi memiliki akses ke dalam rumah dan umum digunakan oleh pencuri karena kerap kali tidak diperhatikan. Sebaiknya pasang CCTV di garasi atau carport untuk menjaga kendaraan yang terparkir dan mengawasi akses ke dalam rumah dari orang asing.

  7. Jendela yang Tidak Menghadap Jalan
  8. Jendela yang tidak menghadap ke jalan luar kerap menjadi incaran para pencuri yang akan menyusup masuk ke dalam rumah. Hal ini karena jendela ini tidak akan menarik perhatian publik. Oleh sebab itu pasang kamera CCTV di sini sebagai tindakan pencegahan sekaligus untuk mengawasi pencuri yang akan masuk.

Itulah manfaat pemasangan CCTV dan titik lokasi strategis yang cocok dijadikan tempat pemasangan CCTV yang tepat. Jika memasang CCTV dengan titik yang tepat maka manfaat yang Anda dapatkan jauh lebih maksimal. CCTV camera dapat melakukan pengawasan rumah yang kosong selama ditinggal liburan dengan menyeluruh dan realtime.

Untuk membantu Anda mengawasi rumah dari jauh saat ditinggal liburan, Anda bisa memilih kamera CCTV terbaik Hikvision ColorVu yang memiliki berbagai kelebihan. Dengan memasang CCTV camera di rumah, maka seluruh momen akan terekam dalam warna yang terang sehingga mudah untuk melakukan pengawasan dari jarak jauh. Hasil kamera CCTV zoom dalam warna yang cerah dan gambar yang tajam dengan resolusi sampai 4K. Belum lagi kecerdasan yang disematkan dalam ColorVu mampu membedakan objek yang terekam. Ingin tahu keunggulan lainnya, silakan cek di sini.