--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Home Diffuser - Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juli 17, 2024

Trend home diffuser semakin meningkat seiring dengan popularitas penggunaan aromaterapi. Sebaiknya, kenali dulu manfaat dan jenis-jenisnya terlebih dahulu sebelum membeli home diffuser. Hal ini penting supaya Anda tidak salah pilih dan dapat merasakan manfaat aromaterapi yang Anda gunakan secara maksimal.

Apa Itu Home Diffuser

Pengertian Home Diffuser

Apa itu home diffuser? Home diffuser merupakan sebuah alat yang dapat mengubah minyak esensial menjadi uap wangi (aromaterapi) dan menyebarkannya ke udara, sehingga lebih mudah terhirup. Ketika digunakan di dalam ruangan, home diffuser bisa menciptakan suasana yang terasa nyaman. Karena itulah, alat ini sering digunakan untuk mengurangi stres dan menenangkan pikiran.

Manfaat Home Diffuser

Home diffuser secara umum dapat memberikan efek terapi atau efek penyembuhan karena mengeluarkan partikel-partikel dari minyak esensial. Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa manfaat dari home diffuser.

1. Menghilangkan Stress

Aroma yang segar dapat meningkatkan fungsi kognitif tubuh. Beberapa minyak esensial dengan kualitas adaptogenik dapat memberikan efek menenangkan. Lavender, sandalwood, dan bergamot, merupakan pilihan yang tepat untuk membantu tubuh menjadi lebih bersemangat ketika merasa lesu.

2. Mengembalikan Mood

Jika udara di dalam ruangan menjadi lebih segar, Anda tentu akan merasa lebih nyaman ketika beraktivitas. Terutama jika Anda banyak menghabiskan waktu atau bekerja di rumah. Essential oil dengan aroma chamomile, citrus, coriander, dan palmarosa dapat membantu Anda meningkatkan mood dan tetap produktif saat bekerja di rumah.

3. Memperlancar Pernapasan

Bagi Anda yang rentan terhadap kualitas udara yang buruk, home diffuser dapat menjadi solusi untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman di rumah. Beberapa minyak esensial dapat membantu mengurangi peradangan dan penyumbatan di saluran pernapasan. Kombinasi peppermint, rosemary, lemon, dan eucalyptus dipercaya dapat meredakan penyumbatan napas.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika sering mengalami gangguan tidur, home diffuser dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Aroma lavender dan cedarwood yang menenangkan dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman diwaktu malam hari.

5. Mengusir Nyamuk Dan Serangga

Untuk mengusir nyamuk dan serangga tanpa obat pengusir yang berbau menyegar, Anda bisa menggunakan home diffuser. Terdapat beragam essential oil yang dapat Anda gunakan, dari mulai yang beraroma lemongrass, clove hingga rosemary. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mengusir nyamuk menggunakan sapu lidi atau raket elektrik. Home diffuser jelas bisa menjadi pilihan tepat yang lebih praktis. Ruangan pun bisa terasa lebih segar.

Jenis-jenis Dari Home Diffuser

Terdapat beberapa jenis home diffuser yang bisa digunakan bersama minyak esensial sebagai aromaterapi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Reed Diffuser

Reed diffuser merupakan produk unik karena tidak memerlukan suhu panas atau listrik, tetapi menggunakan batang rotan. Batang tanaman ini mampu menyerap minyak aromaterapi dari botol dan mengeluarkannya ke udara, menciptakan aroma wangi di ruangan.

2. Lilin Aroma

Jenis ini menggunakan suhu panas untuk menciptakan uap aromaterapi. Cara penggunaannya ialah dengan meneteskan minyak esensial dan air ke dalam wadah diffuser, kemudian di bawahnya letakkan lilin yang telah dinyalakan. Walaupun praktis dan penggunaannya mudah, mungkin suhu panas ini bisa mengubah struktur kimia minyak esensial sehingga membuat aromaterapi menjadi kurang efektif.

3. Room Spray

Room spray, selain untuk memberikan aroma yang menyegarkan di ruangan, juga dapat digunakan untuk memberikan wangi pada berbagai barang berbahan kain di rumah, seperti sprei, bantal, tirai, helm, sepatu, dan sajadah.

4. Dupa

Batang dupa yang terbuat dari rotan yang direndam ke dalam botol berisi minyak esensial favorit. Dalam sekejap, dupa akan menyerap minyak dan mengeluarkan aroma alami tanpa meninggalkan kabut uap.

5. Electric Diffuser

Jenis ini tidak memerlukan energi panas. Caranya adalah dengan meneteskan minyak atsiri atau minyak aromaterapi ke dalam air, kemudian letakkan campuran air dan minyak tersebut ke dalam wadah diffuser. Di dalam diffuser, kipas listrik akan menciptakan uap aromaterapi dan menyebarkan ke udara.

Nah, bagi anda yang ingin menggunakan home diffuser, kini salah satu brand parfum lokal Home of Humans telah menjual home diffuser dengan kualitas terbaik termasuk refill nya. Sehingga, jika sudah habis anda cukup beli refill nya saja. Produk refill Home of Humans This Room Make Me O merupakan produk berkualitas tinggi, memiliki aroma yang jauh lebih light & comfortable, sehingga cocok digunakan di ruangan anda.

Home of Humans This Room Makes Me O memiliki konsentrasi perfume yang tinggi hingga mencapai 50%, dengan top notes red apple, middle notes florals dari Rose, Jasmine, Peony yang memberikan kesan rich, luxury, and romantic. Selain itu, terdapat notes Vanilla Beans & amber yang warm, dan sweet gourmand, diakhiri dengan balance yang seimbang. Jadi, tunggu apalagi segera gunakan produk refill Home of Humans This Room Make Me O sekarang juga.