--> Skip to main content
Menu

Tips Menikmati Perjalanan Jarak Jauh Agar Menjadi Menyenangkan

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juni 25, 2024

Bagi sebagian orang, perjalanan jauh terkadang dapat menjadi sangat membosankan. Namun, sebenarnya jika kita mampu mengatur dan merencanakan perjalanan dengan baik, kita dapat menjadikannya lebih menyenangkan. Nah, dalam kesempatan kali ini kami ingin berbagi tentang tips untuk menikmati perjalanan jarak jauh agar menjadi menyenangkan.

Tips Menikmati Perjalanan Jarak Jauh Agar Menjadi Menyenangkan

Bukan hanya untuk kepentingan pribadi kita sendiri, tetapi kita juga dapat menciptakan perjalanan yang menarik dan menyenangkan bagi orang lain yang sedang melakukan perjalanan bersama kita, seperti keluarga, saudara, teman, dan lain sebagainya. Perjalanan jauh seperti perjalanan mengunjungi rumah saudara, mudik ke kampung halaman, hingga ke tempat rekreasi, dan lain sebagainya, semuanya bisa diubah menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Tips Menikmati Perjalanan Jarak Jauh Agar Menjadi Menyenangkan

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membuatmu bisa menikmati perjalanan jarak jauh sehingga terasa menyenangkan:

1. Membawa Teman

Perjalanan akan menjadi lebih menyenangkan jika kita tidak berkelana sendirian, melainkan ditemani teman dekat. Selain teman dekat, kita juga bisa mengajak orang-orang terdekat seperti adik, kakak, sepupu, keponakan, atau mungkin orang tua kita. Dengan bersama teman yang bisa diajak berbagi, berbicara, bercanda, dan bercerita, tentu perjalanan kita akan menjadi lebih seru dan menyenangkan.

2. Membawa Alat Hiburan

Jangan lupa untuk membawa alat hiburan, dan pastikan untuk membawa alat-alat hiburan yang tidak terlalu mencolok agar tidak menarik perhatian para pelaku kejahatan. Handphone juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menghibur diri dengan akses internet yang luas dan beragam fitur seperti pemutar lagu, video, televisi, media sosial, forum dan lain-lain untuk menghibur diri di perjalanan.

3. Pengecekan Kendaraan

Untuk mengurangi kecemasan terhadap potensi kerusakan atau mogoknya kendaraan, disarankan untuk melakukan pengecekan sebelum memulai perjalanan. Saat menggunakan transportasi umum, pastikan untuk memilih perusahaan angkutan umum yang menempatkan keselamatan dan kenyamanan penumpang sebagai prioritas.

4. Pilihlah Rute yang Tepat

Pilihlah rute yang tidak mengakibatkan ketidaknyamanan seperti rute yang padatatau macet, rute yang rawan kejahatan, rute yang tidak menawarkan pemandangan menarik, rute yang monoton, rute yang berliku-liku, rute yang rusak, danyang lainnya. Dengan memilih rute yang tepat, perjalanan akan menjadi terasa lebih menyenangkan.

5. Rencanakan Titik Persinggahan

Hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja adalah berbagai tempat peersinggahan menarik yang dapat disinggahi selama perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Dengan perencanaan yang matang, kita dapat singgah di tempat-tempat menarik seperti tempat rekreasi, taman, restoran, masjid, pasar, toko oleh-oleh, tempat bersejarah, dan lain lain. Meskipun tidak berhenti untuk singgah, kita masih dapat menikmati pemandangan dari tempat-tempat tersebut pada saat melewatinya.

6. Membawa Makanan dan Minuman

Selama dalam perjalanan, penting untuk membawa makanan dan minuman ringan agar tidak perlu berhenti di toko atau warung atau membeli dari pedagang asongan ketika lapar atau haus. Lebih baik lagi jika makanan dan minuman yang dibawa adalah favorit kita, sehingga perjalanan akan menjadi lebih menyenangkan.

7. Membawa Barang Favorit

Anda dapat membawa barang-barang favorit yang dapat menghibur selama perjalanan yang membosankan. Misalnya mainan, buku, bantal, laptop, kitab suci, koleksi pribadi, dan lain-lain. Namun, pastikan tidak membawa barang yang terlalu besar atau terlalu banyak, karena hal tersebut dapat menyulitkan kita sendiri sepanjang perjalanan.

8. Dokumentasi

Jika merasa bosan atau bete, cobalah membuat dokumentasi perjalanan yang sedang dilakukan. Dengan mengabadikan momen melalui foto atau video, suatu saat nanti kita akan senang melihat hasil dokumentasi tersebut.

9. Membeli Oleh-Oleh atau Cinderamata

Apabila kita mengunjungi tempat wisata, mungkin kita akan menemui pedagang asongan yang menjual berbagai macam oleh-oleh atau produk cinderamata. Barang-barang khas dari tempat tersebut bisa kita beli sebagai oleh-oleh yang kemudian dapat kita berikan kepada keluarga, teman, tetangga, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan tentang tips menikmati perjalanan jarak jauh agar menjadi menyenangkan, semoga dapat bermanfaat.