--> Skip to main content
Menu

Pengertian Telemedicine, Fungsi dan Tujuannya

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Mei 25, 2024

Kemajuan ilmu Techno yang semakin pesat telah menjangkau berbagai sektor, termasuk di bidang kesehatan. Salah satu contohnya adalah kemajuan layanan telemedicine yang semakin berkembang. Nah, apa itu telemedicine? Bagi yang belum tahu simak penjelasan tentang Pengertian Telemedicine Fungsi dan Tujuannya berikut ini.

Pengertian Telemedicine

Pengertian Telemedicine

Telemedicine adalah layanan kesehatan yang berbasis teknologi, dimana layanan ini dapat memungkinkan penggunanya berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau tenaga medis dari jarak yang jauh. Dengan adanya telemedicine, masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan tanpa perlu bertemu langsung dengan dokter atau tenaga medis. Ini dianggap sebagai revolusi dalam dunia kesehatan karena aplikasi ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna.

Fungsi Telemedicine

Telemedicine memiliki fungsi utama yaitu untuk memudahkan pelayanan medis oleh fasilitas kesehatan. Melalui telemedicine, masyarakat yang sulit terjangkau atau mengakses fasilitas kesehatan dapat memperoleh layanan medis secara online. Namun, untuk menerapkan telemedicine dengan baik, diperlukan dukungan infrastruktur yang memadai dan pemahaman yang cukup mengenai teknologi informasi. Dengan adanya dukungan tersebut, diharapkan telemedicine dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan medis.

Untuk melakukan konsultasi kesehatan melalui Internet, diperlukan koneksi yang stabil dan kuat supaya layanan bisa berjalan dengan lancar. Dengan tersedianya dukungan tersebut, maka telemedicine bisa berfungsi dengan sepenuhnya sesuai tujuannya yakni membantu dalam meningkatkan Kesehatan masyarakat melalui jarak jauh.

Selain itu, pemanfaatan telemedicine juga berfungsi untuk mempermudah sistem rujukan pasien dari puskesmas ke rumah sakit maupun antar-rumah sakit. Pengiriman data melalui teknologi ini dapat membantu mengurangi risiko kerusakan atau kehilangan data di tengah jalan. Jadi, pasien tidak perlu khawatir lagi jika lupa membawa dokumen saat berkunjung ke rumah sakit rujukan.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa fungsi telemedicine yaitu:

  • Memberikan akses kesehatan bagi masyarakat yang lokasinya jauh dari fasilitas kesehatan.
  • Membantu memberikan pertolongan pertama kepada pasien sebelum dirujuk menuju ke rumah sakit.
  • Mempermudah dan mempercepat sistem rujukan.
  • Mengurangi kepadatan rumah sakit sehingga layanan yang diberikan rumah sakit untuk pasien yang membutuhkan bisa lebih maksimal.

Tujuan Penggunaan Telemedicine

Adapun tujuan dari penggunaan telemedicine yaitu sebagai berikut ini:

  • Untuk memberikan dukungan klinis.
  • Untuk mengatasi adanya hambatan jarak dan geografis.
  • Untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.
  • Melibatkan pemakaian berbagai macam perangkat teknologi informasi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, telemedicine memiliki tujuan yang tidak hanya terbatas pada layanan konsultasi. Terdapat berbagai hal yang dapat dilakukan dengan telemedicine. Salah satunya adalah pengiriman data pasien yang berada jauh dari rumah sakit untuk diagnosis yang cepat, seperti radiologi dan pemeriksaan jantung. Selain itu, telemedicine juga memungkinkan pertukaran data pasien antar-fasilitas kesehatan.

Dengan begitu, pasien masih bisa mendapatkan manfaat dari pemeriksaan kesehatan oleh dokter meskipun berada jauh dari fasilitas medis. Contohnya, bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil. Dalam situasi ini, pasien hanya perlu mengirimkan dokumen seperti foto, video, dan rekam medis kepada dokter untuk segera mendapatkan diagnosis.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian telemedicine, fungsi dan tujuannya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.