--> Skip to main content
Menu

Pengertian Emas Batangan Dan Manfaatnya Untuk Berinvestasi

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Mei 21, 2024

Selain emas perhiasan, ada juga yang namanya emas batangan. Emas batangan ini telah populer menjadi pilihan instrumen investasi di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi emas batangan, ada baiknya kamu tahu dulu pengertian emas batangan dan manfaatnya untuk berinvestasi.

Pengertian Emas Batangan

Pengertian Emas Batangan

Emas batangan adalah emas yang umumnya berbentuk batangan, lempengan, atau bungkalan yang mempunyai kadar kemurnian emas mencapai 24 karat atau 99,99%. Itu berarti emas tersebut adalah emas murni tanpa ada campuran dari logam apapun. Karena itulah, minat masyarakat terhadap emas batangan sebagai investasi semakin meningkat.

Adapun jenis emas batangan di Indonesia yang banyak ditemukan ialah emas batangan Antam dan UBS. Emas batangan yang bersertifikat bisa dibeli secara langsung di tempat Pegadaian maupun toko emas Galeri 24. Buyback atau penjualan kembali pun bisa dilakukan secara langsung di tempat pembelian secara mudah.

Manfaat Berinvestasi Emas Batangan

Belakangan ini investasi emas batangan semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik itu orang tua maupun generasi milenial. Itu semua dapat terjadi karena kesadaran akan pentingnya manfaat berinvestasi emas batangan. Adapun beberapa manfaat berinvestasi emas batangan yaitu sebagai berikut ini:

1. Emas memiliki nilai yang stabil

Emas dikenal lebih stabil dalam menghadapi inflasi jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Meskipun situasi ekonomi sedang tidak menentu, harga emas cenderung tetap stabil bahkan bisa mengalami kenaikan. Banyak yang memilih emas sebagai pilihan untuk diversifikasi portofolio investasi dan mengurangi risiko kerugian akibat kondisi pasar yang lesu.

2. Bisa pilih gramasi

Dahulu, emas diperdagangkan per kilo sebagai logam mulia. Kini, logam mulia diperdagangkan per batang dengan berbagai pilihan gramasi, termasuk mulai dari yang 1 gram. Tentunya hal ini sangat cocok bagi investor pemula, seperti pelajar atau mahasiswa yang ingin berinvestasi.

3. Mudah dijual

Emas juga dapat dijual kembali dengan mudah jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana darurat atau dana cepat. Nilai jual yang diperoleh tidak berasal dari harga emas ketika anda membelinya, melainkan menggunakan harga emas hari ini. Apabila harga emas saat ini sedang naik, Anda dapat memperoleh keuntungan atas penjualan emas tersebut. Emas batangan merupakan investasi yang likuid karena dapat dijual kembali dengan proses yang cepat dan mudah di berbagai tempat seperti toko emas dan pegadaian.

4. Bisa dijadikan sebagai jaminan

Di beberapa lembaga keuangan, emas bisa digunakan sebagai jaminan. Tentunya ini dapat menjadi alternatif bagi Anda butuh dana mendesak tetapi tidak ingin menjualnya. Dalam hal ini emas berbentuk batangan sangat mudah diterima sebagai jaminan pada saat Anda sedang memerlukan pinjaman. Bahkan, saat ini telah ada fasilitas kredit yang menggunakan tabungan emas sebagai jaminannya.

5. Bisa mandiri Secara Finansial

Investasi emas juga dapat memberikan ketenangan dalam merencanakan keuangan di masa depan. Berinvestsi emas batangan dapat menjadi tabungan untuk biaya pernikahan, biaya untuk pendidikan anak, pensiun, maupun impian besar yang lainnya.

Demikian penjelasan tentang pengertian emas batangan dan manfaatnya untuk berinvestasi. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat terutama bagi anda yang ingin berinvestasi emas batangan.