--> Skip to main content
Menu

Mitos vs Fakta Seputar Perencanaan Keuangan, Mana yang Benar?

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Mei 29, 2024

Konsep uang bekerja harus dipahami sebagai bagian dari perencanaan keuangan yang terencana dengan baik. Perencanaan keuangan yang matang akan membantu mencapai tujuan hidup dan masa depan yang lebih aman serta stabil.

Mitos vs Fakta Seputar Perencanaan Keuangan

Namun, banyak mitos dan kesalahpahaman yang beredar seputar topik ini, yang sebenarnya dapat menghambat upaya Anda dalam mengelola keuangan dengan lebih baik.

Di bawah ini terdapat beberapa mitos dan fakta seputar perencanaan keuangan yang dapat membantu mengoreksi kesalahpahaman:

Mitos dan Fakta Tentang Perencanaan Keuangan

Berikut ini terdapat beberapa mitos dan fakta seputar perencanaan keuangan yang dapat membantu mengoreksi kesalahpahaman:

Memulai Perencanaan Keuangan Itu Butuh Waktu

Faktanya, memulai perencanaan keuangan tidaklah sekompleks yang dibayangkan. Kamu sebenarnya bisa memulainya dengan langkah-langkah yang sederhana, seperti membuat anggaran, mencatat pengeluaran, dan menabung secara rutin.

Terdapat banyak sumber daya online dan offline yang tersedia untuk membantu Anda memperoleh informasi yang lebih mendalam tentang hal ini. Dengan demikian, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu.

Perencanaan Keuangan Hanya untuk Orang Kaya

Faktanya, perencanaan keuangan menjadi hal yang begitu penting bagi semua orang, tanpa melihat seperti apa ekonomi mereka. Walaupun orang kaya mungkin punya akses yang lebih besar terhadap sumber daya dan peluang investasi, tetapi pada dasarnya prinsip-prinsip perencanaan keuangan itu semestinya berlaku untuk siapa pun.

Tidak peduli apakah Anda memiliki penghasilan besar atau kecil, memulai berhemat sejak dini tetaplah penting. Semakin cepat Anda memulai berhemat, semakin banyak waktu yang dapat Anda manfaatkan. Ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perencanaan keuangan yang tepat.

Jangan pernah berhenti menabung dan manfaatkan dana Anda untuk mengembangkan kekayaan.

Tak Perlu Khawatir mengenai Pensiun, karena Masih Muda

Semakin cepat kamu memulai perencanaan pensiun, semakin lama waktu yang kamu miliki untuk menabung dan mencapai target pensiunmu. Tidak pantas jika kamu menganggap remeh masa pensiun hanya karena usiamu yang masih muda.

Pada dasarnya, perencanaan keuangan adalah suatu proses yang berlangsung terus-menerus, dan Anda harus tetap memeriksanya serta menyesuaikannya secara berkala sesuai dengan perubahan dalam kehidupan Anda.

Dengan pemahaman yang tepat dan penerapan strategi yang efektif, Anda bisa mencapai masa tua yang aman, terlepas dari seberapa besar pendapatan Anda.

Perencanaan Keuangan Hanya tentang Menabung dan Investasi

Perencanaan keuangan tidak hanya berkaitan dengan menabung dan investasi, tetapi juga mencakup aspek-aspek lain seperti budgeting, pengelolaan utang, asuransi, dan perencanaan pajak.

Kendati menabung dan berinvestasi merupakan aspek krusial dalam perencanaan keuangan, terdapat berbagai hal lain yang perlu diperhitungkan, diantaranya yaitu:

  1. Memahami Situasi Keuangan
  2. Penting untuk mencatat setiap pengeluaran, sekecil apapun, agar Anda dapat memahami penggunaan uang Anda. Selanjutnya, hitung total aset (seperti tabungan, investasi, dan properti) dan kurangi dengan total liabilitas (seperti utang) untuk mengetahui kekayaan bersih Anda.

  3. Menetapkan Tujuan Keuangan
  4. Sebagai contoh, tetapkanlah target yang ingin Anda raih dalam waktu 1-3 tahun, seperti membeli perangkat gadget terbaru atau merencanakan liburan..

  5. Membuat Anggaran
  6. Alokasikanlah pendapatan Anda untuk kebutuhan primer, tabungan, investasi, utang, dan pengeluaran lainnya. Selanjutnya, lakukanlah tinjauan anggaran secara rutin dan sesuaikan dengan perubahan dalam kehidupan Anda.

Harap diingat, perencanaan keuangan merupakan proses yang terus-menerus, dan Anda perlu secara rutin meninjau dan menyesuaikannya sesuai dengan perubahan dalam kehidupan Anda. Dengan memahami berbagai aspek perencanaan keuangan dan menerapkan strategi yang sesuai, akhirnya Anda dapat mencapai stabilitas keuangan dan mewujudkan tujuan hidup Anda.

Dalam mengatur dan merencanakan keuangan, Anda dapat mencoba menggunakan kemudahan transaksi dari fitur Pinjaman Online Cepat Cair yang ditawarkan oleh JULO Kredit Digital. Dengan pinjaman bunga rendah, Anda dapat melakukan tarik dana dan mengisi ulang dompet digital dengan mudah hanya dengan mengklik layar smartphone Anda! Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi JULO Kredit Digital dan nikmati kemudahan transaksi ini!

Mengenal Tentang Aplikasi JULO dan Keunggulannya

JULO merupakan perusahaan finansial teknologi yang inovatif dan hadir dengan tujuan memberikan solusi pinjaman online untuk memenuhi biaya pendidikan anak bagi masyarakat Indonesia.

Perusahaan finansial ini berbasis teknologi aplikasi di smartphone. JULO selalu menawarkan akses kredit yang mudah dan terjangkau, sebagai upaya membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan finansial mereka.

Terlebih lagi, JULO telah resmi terdaftar di OJK, sehingga keamanannya tidak perlu diragukan lagi. OJK akan melakukan pengawasan terhadap semua kegiatan jasa keuangan yang dilakukan oleh JULO dan akan segera bertindak jika ada hal yang mencurigakan.

PT Julo Teknologi Finansial telah mendapatkan izin dari OJK, sehingga JULO dapat beroperasi secara legal. Perusahaan ini terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor registrasi S-589/NB.213/2018.

Pada tanggal 31 Juli 2018, izin tersebut diberikan untuk perusahaan dengan nama yang sama dan bergerak dalam jenis usaha konvensional.