--> Skip to main content
Menu

Mengenal Apa itu Oil Absorbent Pad

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Mei 30, 2024

Dalam dunia industri, kecelakaan kerja seperti tumpahan minyak bisa saja terjadi. Tumpahan minyak merupakan permasalahan yang serius dalam lingkungan yang dapat berdampak negatif terhadap ekosistem secara signifikan. Hal itu karena minyak tidak bisa terlarut dalam air, tumpahan minyak bisa mencemari air dan membahayakan kehidupan laut hingga lingkungan pesisir.

Oil Absorbent Pad

Untuk mengatasi permasalahan seperti itu, tentunya dibutuhkan sebuah solusi yang efektif. Salah satu solusi yang telah terbukti berhasil adalah dengan menggunakan kain penyerap minyak yang bernama: Oil Absorbent Pad. Nah, dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang apa itu Oil Absorbent Pad, bagaimana cara kerjanya, apa saja keunggulannya.

Apa itu Oil Absorbent Pad

Oil Absorbent Pad merupakan lembaran yang diformulasikan khusus untuk menyerap minyak dan bahan yang berbasis minyak. Oil Absorbent Pad terbuat dari bhan serat sintetis yang mempunyai daya serap tinggi dan bisa tahan terhadap bahan kimia. Keunggulannya adalah dapat menjaga kekuatannya saat menyerap minyak, sehingga sangat berguna dalam penanganan berbagai situasi tumpahan minyak.

Cara Kerja Oil Absorbent Pad

Cara kerja Oil Absorbent Pad itu berdasarkan prinsip penyerapan kapiler. Lembaran ini mempunyai pori-pori mikroskopis yang dapat menarik minyak maupun bahan yang berbasis minyak ke dalam serat-seratnya. Melalui aksi kapilaritas, minyak bisa naik ke atas dan di serap serat-serat pada Oil Absorbent Pad. Jadi, pada saat terjadi tumpahan minyak, Oil Absorbent Pad dapat di tempatkan di atas area yang terkena tumpahan untuk menyerap minyak dengan efisien dan mengurangi dampak lingkungan yang mungkin saja terjadi.

Keunggulan Oil Absorbent Pad

Adapun beberapa kelebihan dari Oil Absorbent Pad diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Kecepatan Penyerapan

Absorbent Pad mempunyai kemampuan menyerap yang sangat cepat, sehingga dapat sangat efisien dalam menangani tumpahan minyak. Dengan demikian, penyebaran minyak bisa dikendalikan dengan baik dan kerusakan lingkungan dapat diminimalkan.

2. Perlindungan Lingkungan

Dengan memakai Absorbent Pad, kita bisa mencegah terjadinya pencemaran air dan ancaman terhadap kehidupan laut akibat minyak. Minyak yang terserap Oil Absorbent Pad akan terperangkap di dalamnya, sehingga dapat mengurangi terjadinya kontaminasi yang lebih lanjut.

3. Mudah digunakan

Absorbent Pad sangat praktis digunakan di segala situasi, termasuk di darat maupun di perairan. Lembaran ini dapat diubah seperti dilipat atau dipotong sesuai kebutuhan. Selain itu juga tersedia dalam berbagai ukuran maupun ketebalan.

4. Reusable

OliAbsorbent Pad memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan kembali setelah proses penyerapan. Setelah Oli Absorbent Pad digunakan, bisa diperas atau diperlakukan secara khusus agar minyak yang diserap bisa hilang, sehingga bisa digunakan lagi.

Itulah penjelasan untuk mengenal apa itu oil absorbent pad yang dapat kami sampaikan. Nah, bagi anda yang bingung bagaimana cara mengatasi tumpahan minyak? Mulai sekarang anda dapat menggunakan: Oil Absorbent pad sebagai solusi terbaik.

Oli Absorbent Pad dapat menjadi solusi yang sangat efektif untuk mengatasi tumpahan minyak. Dengan kemampuannya yang cepat menyerap minyak, oli absorbent pad dapat membantu mencegah pencemaran lingkungan yang disebabkan tumpahan minyak.