--> Skip to main content
Menu

Manfaat Baterai Panel Surya Untuk Rumah

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Mei 30, 2024

Keberadaan panel surya di perumahan sekarang ini sudah semakin populer. Namun, tahukah kamu kalau baterai menjadi komponen penting dalam sistem panel surya. Baterai panel surya bukan hanya sebagai tempat untuk menyimpan energi yang dihasilkan solar panel, akan tetapi juga sebagai cadangan listrik yang handal pada saat terjadi pemadaman listrik. Selain itu, dengan menggunakan energi baterai panel surya di waktu malam hari anda juga bisa lebih hemat bayar tagihan listrik.

Manfaat Baterai Panel Surya Untuk Rumah

Nah sebelum kamu memutuskan untuk membeli baterai panel surya di tempat yang jual baterai panel surya, ada baiknya kamu menyimak apa saja manfaat bateri panel surya secara rinci berikut ini.

Manfaat baterai panel surya untuk rumah

Adapun beberapa manfaat baterai panel surya untuk rumah diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Sebagai Cadangan Listrik yang Handal

Saat di malam hari solar panel akan berhenti bekerja, maka dari itulah baterai ini diperlukan sebagai sumber listrik cadangan di waktu malam hari.

2. Untuk meningkatkan Efisiensi Energi

Apabila solar panel telah menghasilkan listrik lebih dari kebutuhan yang diperlukan, maka energinya akan terbuang sia sia. Sehingga, dengan adanya baterai anda bisa mengefisiensikan energi tersebut sebagai power backup apabila dibutuhkan.

3. Menghemat biaya Listrik

Apabila panel surya tidak bisa menghasilkan energi karena terjadi cuaca buruk atau malam hari, anda bisa manfaatkan energi baterai sebagai sumber listrik. Dengan begitu pemakaian listrik dari PLN bisa berkurang bahkan anda bisa menciptakan energi secara mandiri.

4. Ramah Lingkungan

Umumnya baterai Panel surya itu menggunakan LifePO4 sehingga membuatnya menjadi lebih ramah lingkungan karena tidak berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, memanfaatkan panel surya juga bisa mengurangi penggunaan energi listrik yang berbahan bakar fosil.

5. Meningkatkan Kemandirian Energi

Adanya baterai panel surya yang berkualitas tentu bisa menciptakan energi mandiri. Diwaktu siang hari memanfaatkan panel surya, dan dimalam hari memanfaatkan energi dari baterai. Dalam hal ini pastikan anda mencari supplier yang jual baterai panel surya berkualitas dan bergaransi.

6. Dapat menyediakan Listrik di area terpencil

Baterai panel surya juga bisa dimanfaatkan untuk area terpencil yang kesulitan dalam mendapatkan akses listrik nasional.

Itulah beberapa manfaat baterai panel surya untuk rumah. Nah, bagi anda yang membutuhkan baterai panel surya pastikan anda membelinya di tempat supplier yang jual baterai panel surya berkualitas dan bergaransi. Salah satunya anda bisa membelinya di PT Nayaka Pratama.

PT Nayaka Pratama merupakan supplier jual baterai solar panel surya yang berkualitas dan bergaransi. Baterai panel surya dari Nayaka hadir dengan berbagai keunggulan seperti tahan lama, mudah digunakan dan senyap. Selain itu, juga digukung dengan tenaga ahli bersertifikat yang siap untuk membantu dalam melakukan instalasi secara aman.